Tidak Percaya Ada Ikan Dewa? Datang Aja ke Cibulan, Kuningan

675 views

Jika wisatawan sudah puas saat keliling di kota Cirebon, Provinsi Jawa Barat, jangan langsung pulang deh. Coba dulu anda mampir ke Kuningan yang lokasinya tak begitu jauh dari Cirebon. Di sana, ada kolam yang isi dari air kolamnya ikan keramat lho, namanya Ikan Dewa, ga percaya?. Ikan Dewa berkesempatan ditemukan di obyek wisata kolam renang Cibulan. Tempatnya berada di Desa Maniskidul, Jalaksana, Kuningan. Didalam objek pariwisata ini, ada kolam renang yang terdiri dari banyak Ikan Dewa. Saya pernah berkunjung kesana karena dekat dengan tujuan saya yaitu Pondok Pesantren Al-Multazam.

Cibulan diresmikan saat tanggal 27 Agustus 1939 oleh Bupati Kuningan. Didalam obyek wisata ini didirikan 2 kolam besar dengan bentuk persegi panjang. Hal yang beda kolam di Cibulan pada kolam di tempat lainnya yaitu isinya. Ada sangat banyak Ikan Kancra Bodas dan atau lebih dikenal oleh banyak warga sekitar dan wisatawan dari luar kota adalah Ikan Dewa. Wisatawan bisa renang bersama dengan Ikan Dewa di sana, bahkan bisa dicium ikan itu lho! Kabarnya, Ikan Dewa merupakan jelmaan dari satu pasukan prajurit Prabu Siliwangi. Banyaknya ikan yang terdapat di kolam dipercaya tak pernah berkurang ataupun bertambah, selalu sama. Siapapun yang pegang ikan pun dipercaya akan memperoleh keberkahan.

Selain pegang, orang-orang tak ada yang berani mengambil ikan tuk dimakan ataupun dipelihara di rumah. Warga setempat mempercayai kalau mengganggu tempat tinggal atau eksistensi Ikan Dewa, maka bakal tertimpa bencana. Air kolam ini juga tergolong sejuk sebab mata airnya langsung keluar dari dalam dasar kolam yang sangat dalam. “Airnya segar, gak kayak air kolam renang. Gak ada kaporit, soalnya langsung keluar dari mata air. Mata air berada di bagian kolam dalam. Mata airnya langsung dari sana,” ujar Dhani, salah seorang wisatawan yang sempat berkunjung ke Cibulan.

Dhani pun menyebutkan bila selain kolam, di Cibulan terdapat 7 sumber mata air (atau biasa disebut 7 sumur kerama) yang pun dianggap keramat oleh masyarakat setempat. Sumber mata air keramat tersebut letaknya tidak jauh dari 2 kolam yang isinya Ikan Dewa. Masing-masing sumur punya nama tersendiri, yakni Sumur Kejayaan, Sumur Pengabulan, Sumur Kemuliaan, Sumur Pengabulan, Sumur Cirancana, Sumur Cisadane, Sumur Keselamatan dan Kemudahan. Ketujuh mata air tersebut mengelilingi petilasan. Petilasan itu dipercaya sebagai sarana Prabu Siliwangi beristirahat. Sungguh banyak sekali cerita-cerita yang terkandung selaku rahasia umum di objek wisata Cibulan tersebut. Wisatawan pun banyak yang berminat tuk berkunjung. Tidak hanya bisa melihat Ikan Dewa, nuansa alam di Cibulan sungguh cocok buat bersantai bersama dengan keluarga.

“Tempatnya nyaman banget. Terus kita boleh megang-megang ikan deh. Senang banget kalo bawa anak-anak ke sana,” tambah Dhani. Nah, bila Anda ingin bersua Ikan Dewa dan mencoba kesegaran objek wisata Cibulan, langsung datang bareng keluarga atau sahabat. Cibulan buka tiap hari jam 07.00-17.00. Tiket masuk Rp 15 ribu per dewasa dan Rp 12 ribu per anak.

Tags: #Cibulan #Ikan Dewa

Leave a reply "Tidak Percaya Ada Ikan Dewa? Datang Aja ke Cibulan, Kuningan"

Author: