Tempat Wisata di Banjarmasin Yang Paling Ramai di Kunjungi

529 views

Banjarmasin populer dgn pasar tradisionalnya yg terdapat di atas air. Sangat Wajar , kota yg mempunyai julukan Kota Seribu Sungai itu memang dilengkapi dengan banyak sungai besar & kecil seperti Sungai Barito & Sungai Martapura. Hal itu menjadikan sungai untuk suatu bagian terpenting untuk kehidupan penduduk Banjarmasin.

Wisata Pasar Terapung

Seperti namanya terjadinya proses jual-beli di Pasa Terapung dilakukan diatas perahu yg mengapung. pada Saat ini, pasar terapung tlah menjadi salah satu lokasi wisata di Banjarmasin yg amat sering dikunjungi para wisatawan.

Satu dr beberapa pasar terapung yg populer ada diMuara Sungai Barito, terletak di Kelurahan Kuin Utara. Pasar itu diperkirakan telah ada dari 400 thn yg lalu. Barang yg dijual juga bervariasi mulai dr hasil kebun, makanan mencapai pakaian. Utk dapat menyaksikan aktifitas di pasar ini, kalian diharuskan datang dipagi hari krn pasar kegiatan berlangsung dr jam 05:00 hingga 07:00.

Dulunya, yg terjadi di sini yaitu barter atau saling tukar barang. Meski sekarang telah memakai uang untuk alat tukarnya, tetapi ada beberapa orang yg masih melakukan barter. yg menarik dipasar terapung ini adalah adanya tongkat dgn ujung kawat guna mengambil barang yg dibeli krn sulitnya mendekatkan perahu yg mau dinaiki.

Wisata Taman Siring Sungai Martapura

Satu lagi obyek pariwisata di Banjarmasin yg mengandalkan sungai yaitu Taman Siring Sungai Martapura yg terletak di Jl. Jend Sudirman & Jalan Kapt Tendean. Taman itu terletak ditepi Sungai Martapura juga ramai didatangi di sore hari. Dr sini, kalian dapat menyaksikan aktifitas jukung ialah perahu khas Banjarmasin.

Silahkan bawa perlengkapan pancing Lalu puaskan hobi memancing kalian di lokasi wisata ini. Bila ingin melihat pemandangan sekitar sungai saja, kalian dapat duduk di kursi yg telah disediakan ditemani nikmatnya kuliner dr warung yg berjajar di taman.

Wisata Taman Maskot

Sesuai dgn namanya, obyek wisata ini menyajikan 2 maskot kota Banjarmasin misalnya bekantan & pohon kasturi. Pada gerbang masuk, kalian akan disambut oleh sebuah patung bekantan yang berukuran semanusia dewasa. Tidak jauh dibelakangnya, terdapat patung pohon kasturi dgn monyet2 bergelantungan.

Dari sebelah kanan pintu masuk, terdapat rumah tanaman yg isinya lidah buaya, banyak kaktus & Banyaknya jenis tanaman lain didalam pot. Utk fasilitas, Taman Maskot sudah dilengkapi dgn tempat parkir yang luas, Mushola, Toilet, Gzebo, Arena bermain anak dan Tempat makan.

Wisata Museum Wasaka

Museum Wasaka merupakan singkatan dr Waja Sampai Kaputing yg merupakan slogan perjuangan masyarakat Kalimantan Selatan. Obyek wisata sejarah ini terletak di Jalan H. Andir, Kampung Kenang Ulu, Banjarmasin. Bangunannya menyerupai adat Banjarmasin yg berbentuk panggung dgn atap tinggi.

Di dalamnya, ada beragam koleksi foto, mesin ketik kuno, baju-baju perjuangan, Serta senjata yg dipakai utk melawan penjajah contohnya keris & senjata api milik Belanda yg telah dirampas. Disamping itu, ada salah satu sepeda tua yg dulunya digunakan utk mengantarkan surat secara diam-diam.

Dan yang paling menarik yaitu adanya teks proklamasi yg dibuat pd tgl 17 Mei 1949. Tetapi Isi teks ini berbeda dgn teks proklamasi yg sudah diketahui rakyat Indonesia . Hal itu disebabkan berdasarkan Perjanjian Linggarjati, Kalimantan tak masuk pada wilayah NKRI. Walaupun demikian, penduduk Kalimantan masih tetap berjuang utuk menjadi bagian dr NKRI & berhasil menyatakan kemerdekaannya 4 thn sesudah Bung Karno mengumandangkan teks proklamasi.

Wisata Pulau Kembang

Pulau Kembang adalah sebuah pulau yg berposisi ditengah Sungai Barito. Obyek pariwisata ini tlah menjadi habitat monyet & beragam jenis burung. Menurut penduduk, pada pulau ini ada seekor monyet besar yg merupakan raja dr monyet2 kecil.

Ketika berada di pulau ini, kalian harus berhati-hati dgn barang bawaan kalian. Monyet2 jail seringkali penasaran Serta mau melihat apa saja yg kalian bawa. Baiknya bawalsh makanan ringan serta buah-buahan guna mengalihkan perhatian monyet dari tas kalian.

Uniknya, di pulau ini ada sebuah kuil Serta altar dgn arca berupa monyet putih alias Hanoman. Altar ini, dengan penduduk Tionghoa, dipakai utk meletakkan sesajen di saat-saat tertentu.

Wisata Masjid Sultan Suriansyah

Masjid ini dijuluki juga dgn Masjid Kuin hal ini karena lokasinya yg terletak pada Kelurahan Kuin Utara. Didirikan antara thn 1526 hingga 1550, masjid ini mnjd masjid tertua di Banjarmasin.

Masjid ini menyerupai rumah panggung dgn ukiran bernuansa Kalimantan Selatan & atap tumpang. sebagian dr masjid nampak mirip dgn Masjid Agung Demak khususnya pada bagian atapnya yg berundak & bercondong ke atas. Hal ini dikarenakan karna hubungan kedua kesultanan di zaman dahulu.

Wisata Masjid Sabilal Muhtadin

Masjid Sabilal Muhtadin dijuluki menjadi masjid Termegah di Banjarmasin. Masjid dgn 5 buah menara ini dapat menampung sebanyak 16.000 orang jamaah.

Namanya bersumber dari nama kitab yg dikarang dengan Syekh M. Arsyad Al-Banjary, ia adalah Ulama ternama di Kalimantan Selatan. Masjid yg didirikan pd thn 1981 ini tlah menjadi salah satu obyek pariwisata religi yg sering dikunjungi wisatawan baik dr dalam kota maupun dr luar kota.

Wisata Pasar Intan Martapura

Pasar intan ini terletak di Jl. Ahmad Yani, Martapura, sekitar 46 Km dr jantung kota Banjarmasin. Pasar ini dijadikan tempat wisata yg tepat untuk pengagum batu permata. Martapura diketahui sebagai kota dgn sumber daya tambang batu permata Termegah di Indonesia dengan kualitasnya yang baik.

Di dalam pasar ini, berada sekitar 85 toko khusus batu permata. Disamping membelinya dengan bentuk batuan, kalian pun dapat membeli batu permata yg telah dibentuk menjadi kalung, Cincin, Gelang ataupun bros. Yang berkunuung ke pasar ini tidak hanya wisatawan lokal, banyak juga wisatawan dari Mancanegara.

Wisata Kampung Sasirangan

Di Kampung Sasaringan, kalian dapat menjumpai batik sasirangan yg berupa batik khusus Banjarmasin. Kawasan wisata belanja ini terletak di Jl. Seberang Masjid.

Disamping membeli, kalian pun dapat melihat proses pembuatan batik di sana. Batik ini mempunyai ciri berwarna cerah. kalian dapat membeli yg masih berupa kain atau yg telah jadi seperti selendang, pakaiansprei & taplak meja. Ada pun beraneka ragam aksesoris yg dibuat dr kain batik ini dimulai dr tas, dompet hingga sapu tangan.

Tags: #Wisata Bahari #Wisata Banjarmasin #Wisata Kalimantan #Wisata Kepulauan #Wisata Perkebunan #Wisata Sejarah #Wisata Taman

Leave a reply "Tempat Wisata di Banjarmasin Yang Paling Ramai di Kunjungi"

Author: